5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak, Jadi Berani Tampil!

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak, Jadi Berani Tampil!

Lifestyle

Begitu banyak jenis sikap yang harus diajarkan kepada anak sebagai bekal saat ia tumbuh dewasa nanti, salah satunya adalah kepercayaan diri. Dengan adanya kepercayaan diri, anak Anda akan tumbuh jadi pribadi yang tak ragu untuk mengeksplor bakat yang dimilikinya. Maka dari itu, bangun kepercayaan dirinya melalui 5 cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak berikut ini.

  1. Selalu Hargai Usaha yang Dilakukannya

Jadilah orang tua yang selalu menghargai bentuk usaha atau kerja keras anak dalam mencapai sesuatu. Misalnya, walau nilai yang didapat anak baik atau buruk setelah ia menghabiskan waktunya untuk belajar, tetap beri dia apresiasi yang dibutuhkannya. Buruk pun nilai yang diterimanya, ia akan dengan mudah bangkit kembali asalkan Anda bisa memberinya support yang dibutuhkannya.

  1. Biarkan Anak Mengatasi Masalahnya Sendiri

Bukannya tak sayang, namun dengan membiarkan anak mengatasi masalahnya sendiri, maka Anda memberi ruang untuk tumbuhnya kepercayaan diri dan kemandirian. Jika ia berhasil memecahkan suatu masalah yang dihadapinya, maka rasa percaya akan kemampuan dirinya sendiri akan bisa terus tumbuh. Beri ia clue untuk menyelesaikan masalahnya, bukan langsung memberi solusi.

  1. Berikan Anak Tugas yang Sesuai dengan Kapasitasnya

Kepercayaan diri anak juga bisa dilatih dengan memberinya tugas yang sesuai dengan kapasitasnya. Misalnya saja, Anda turut melibatkan anak saat membersihkan rumah, dengan memberinya tugas bersih-bersih yang terbilang ringan. Dengan ia menyelesaikan kerja yang diberikan padanya, maka ia akan merasa dirinya capable untuk melakukan suatu hal.

  1. Jangan Lupa Berikan Pujian pada Anak

Pujian merupakan hal yang sangat disukai anak. Ia sangat suka saat Anda memuji penampilannya, pekerjaan yang ia lakukan, pokoknya apa pun yang dimilikinya. Nah, pujian yang Anda berikan tersebut merupakan pupuk bagi kepercayaan dirinya untuk bisa tumbuh subur. Anak akan memahami bahwa yang ia lakukan bukanlah hal yang salah, namun malah disukai oleh orang lain

Namun, hal yang patut Anda ingat adalah untuk tidak memuji anak secara berlebihan. Pujian yang berlebihan, malah bisa membuat anak jadi over confident bahkan hingga merendahkan orang lain saat ia tumbuh dewasa nanti. Berilah pujian sewajarnya ke pada anak, tanpa perlu menjatuhkan pihak lain yang mungkin pencapaiannya belum sebaik anak Anda.

  1. Dengarkan Curahan Hatinya

Anak akan merasa sangat senang sekali jika Anda meluangkan waktu khusus untuknya, serta mendengarkan curahan hatinya. Mungkin saja ia menceritakan tentang aktivitas hariannya pada Anda ataupun mimpi-mimpi yang ingin ia wujudkan kelak. Dengan meluangkan waktu untuk anak seperti ini, anak akan jadi pribadi yang terbuka dan tak ragu untuk mengemukakan opininya kelak.

Sama seperti tumbuhan, kepercayaan diri harus dipupuk sedari dini agar bisa tumbuh dengan baik kala anak tumbuh dewasa nanti. Anda bisa contek 5 cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak agar anak jadi pribadi yang tak malu dan tak ragu atas kemampuannya. Dengan kepercayaan diri yang dimilikinya, pengembangan diri anak akan jauh lebih optimal.