5 Ide Bisnis dengan Modal Kecil Secara Online

5 Ide Bisnis dengan Modal Kecil Secara Online

Lifestyle

Masih mencari ide bisnis modal kecil di tahun 2020? Tenang, ada banyak bisnis yang menguntungkan meski dengan modal kecil sekalipun. Bisnis ini juga bisa dijalankan oleh pelajar, masyarakat di desa, mahasiswa hingga ibu rumah tangga.

Memulai bisnis terkadang ada juga yang terkendala modal. Sekecil apapun usaha, tetap harus membutuhkan modal. Lalu bagaimana jika tidak ada modal tapi sangat berkeinginan untuk berusaha dan membuka jalan rezeki? Coba deh mengajukan pinjaman uang lewat fintech tepercaya sehingga bisa menyelesaikan satu permasalahan dalam membuka usaha apapun.

Nah, setelah urusan modal usai, sekarang saatnya memilih bisnis usaha yang cocok dijalankan di tengah pandemi saat ini.

  1. Bisnis budidaya ikan lele rumahan

Ketahanan pangan kini menjadi salah satu kata kunci setelah pandemi berakhir. Pasalnya diperkirakan kita akan kekurangan pangan dalam beberapa tahun ke depan. Itu artinya sebenarnya ada peluang yang bisa dimanfaatkan.

Contoh peluang yang bisa dimanfaatkan adalah dengan melakukan budidaya pangan yang paling murah ongkos pemeliharaan dan operasionalnya tetapi mampu mendatangkan untung besar. Salah satunya adalah budidaya ikan lele rumahan. Media yang digunakan bisa di dalam ember maupun kolam terpal.

Bisnis ini praktis bisa dijalankan secara online tanpa harus membuka lapak di pasar. Kuncinya dalam pemasaran melalui media sosial. Coba juga dengan menawarkan ke tetangga terlebih dahulu. Bisnis ini membutuhkan kesabaran karena harus rutin mengontrol kondisi air dalam kolam.

  1. Bisnis jual beli sayuran rumahan

Jika sudah tertarik dengan budidaya ikan lele, bisa dikombinasikan dengan membudidayakan sayuran air seperti kangkung. Istilahnya dalam pertanian adalah tumpang sari. Media tanam yang digunakan pun sangat sederhana sekali bahkan bisa menggunakan pot kecil dari botol bekas air kemasan atau gelas bekas air kemasan.

Budidaya tanaman sayuran rumahan ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan media hidroponik sehingga bebas dari perawatan. Panen kangkung rata-rata bisa dalam waktu 25 hari sampai dengan 35 hari sesuai dengan ketinggian kangkungnya.

  1. Bisnis makanan ringan

Sejak kampanye bekerja dari rumah digalakan banyak konsumen yang mencari makanan ringan untuk cemilan sambil bekerja. Potensinya pun masih sangat terbuka lebar. Apalagi dengan menggunakan media sosial dan marketplace yang mudah pendaftarannya, kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Aneka makanan ringan bisa dipilih, mulai dari makanan tradisional zaman dulu hingga makanan ringan tradisional masa kini seperti keripik tempe, keripik pisang, singkong pedas, dan lain-lain.

  1. Bisnis dropship

Jika belum terpikirkan mau bisnis apa, kamu tetap bisa berjualan kok. Dengan cara menjual barang-barang milik orang lain secara online. Caranya dengan mencari pasar yang membutuhkan, kemudian mencari barang yang harganya di bawah harga pasar. Sehingga kamu bisa mendapatkan margin keuntungan.

Bisnis dropship seperti ini boleh dibilang bebas repot. Pasalnya semua pengiriman dilakukan oleh penjual barang. Kekurangannya, kualitas barang tidak terjamin karena kita menjual barang orang lain. Jika ada komplain pun kita yang akan terkena imbasnya.

  1. Bisnis jasa pembuatan website

Dari berbagai jenis bisnis yang dijalankan secara online pasti membutuhkan rumahnya. Langkah ini bisa dilakukan jika sudah memiliki konsumen yang cukup besar. Misalnya sudah ada rata-rata pembelian lebih dari 50 pemesanan.

Agar meningkatkan kepercayaan pelanggan, dibutuhkan sebuah website toko online. Peluang ini yang bisa ditawarkan kepada para pengusaha kecil rumahan agar memiliki website sendiri. Selain pembuatannya bisa ditawarkan, pemeliharaannya pun bisa menjadi potensi keuntungan yang berkelanjutan.

Semua usaha dengan modal kecil tersebut bisa dimulai dengan modal sebesar Rp500 ribuan saja. Kebetulan fintech seperti Kredivo punya layanan pinjaman uang mini yang memberikan dana pinjaman mulai dari Rp500 ribu.

Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan nomor S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia sebagai salah satu fintech yang memberikan pinjaman tunai hanya lewat aplikasi secara online.

Limit kredit yang diberikan oleh Kredivo hingga Rp30 juta per member dengan bunga 2.95% per bulan yang dapat dicicil dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan.

Ada dua produk pinjaman uang online yang ditawarkan oleh Kredivo yaitu pinjaman mini dengan maksimal limit Rp1 juta dan pinjaman jumbo dengan pengajuan mulai dari Rp1 juta. Sementara layanan kredit online tetap bisa dimanfaatkan ketika belanja di beberapa ecommerce atau merchant yang sudah bermitra dengan Kredivo.

Untuk mendaftar menjadi member Kredivo, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Fintech seperti Kredivo bisa menjadi salah satu alternatif dalam kondisi pandemi saat kita sedang membutuhkan modal untuk usaha, dengan proses pencairan dana yang singkat. Download sekarang aplikasinya lewat Google Play Store maupun App Store secara gratis.