5 Jenis Kertas untuk Membuat Kartu Nama yang Berkualitas

5 Jenis Kertas untuk Membuat Kartu Nama yang Berkualitas

Lifestyle

Kartu nama sudah menjadi kebutuhan untuk kelas menengah saat ini. Secara tidak langsung kita harus memiliki tanda pengenal terhadap identitas bisnis Anda. Membuat kartu nama memang membutuhkan sedikit kreativitas serta inovasi. Sebelum buat kartu nama lebih baik Anda mengetahui jenis kertas apa yang akan Anda pilih.

Jenis Bahan Kartu Nama

Selain membuat desain yang bagus, bahan dari kartu nama juga akan menciptakan kesan yang menarik pada kartu nama tersebut. Nah, untuk itu Anda perlu tahu bahan apa saja yang tepat untuk membuat kartu nama.

  1. Art Paper

Bahan ini memiliki permukaan yang licin, halus dan mengkilap. Ketebalan bahan ini juga beragam. Ketika Anda memilih untuk menggunakan art paper maka pastikan Anda tahu apa kekurangan dan kelebihan dari kertas ini.

Bahan ini tidak mudah menyerap air karena bahan ini dilapisi oleh coated. Namun, memiliki kekurangan yaitu apabila terkena tinta akan lama mengering sehingga dapat mengotori kartu nama.

  1. Brief Card

Kertas ini memiliki tekstur yang halus dan biasanya tidak di laminasi. Jenis kerta ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kartu nama saja, melainkan bisa juga digunakan untuk mencetak sertifikat, kartu undangan dan buku gambar.

  1. Glossy Photo Paper

Kertas jenis ini memiliki permukaan yang glossy dan bersinar saat terkena cahaya lampu. Jika Anda memegang kertas jenis ini akan terasa licin. Anda akan mendapatkan cetakan yang bisa dibilang cukup bagus karena ada pantulan cahaya-cahaya.

Saat tidak ada cahaya kertas ini akan terlihat kusam dan pudar. Jika Anda mencetak kartu nama dengan kertas jenis ini Anda akan mendapatkan laminasi agar hasilnya kartu nama yang  Anda buat terlihat lebih bagus.

  1. Kertas Standar

Kertas jenis ini paling sering digunakan untuk mencetak kartu nama. Selain memiliki harga yang murah, kertas ini juga bisa dimodifikasi dengan beragam jenis teknik percetakan. Kertas ini memiliki berbagai ukuran mulai dari 9 x 5,5 cm.

  1. Translucent

Kertas yang satu ini memiliki tekstur yang transparan sehingga sisi depan dan belakang kartu nama dapat tembus pandang. Kekurangan bahan ini adalah harganya yang cukup mahal, kita juga perlu menaksir biaya yang perlu kita keluarkan untuk  buat kartu nama.

Tipe translusen ini biasanya dapat memiliki warna yang bagus. Terkadang kita bisa memilih gradasi warna sebagai tipe kartu nama kita untuk menjadikannya sebuah identitas khusus. Ketika menggunakan kertas tipe translusen bahan dari kartun emo tersebut akan lebih tipis tetapi lebih kuat.

Kertas translusen juga memiliki kelebihan lain yakni tahan air. Meskipun kartu nama kita tidak akan digunakan untuk basah-basahan, tetap saja terkadang kita menghadapi moment di mana barang yang kita bawa basah. Jika kita menggunakan kertas tipe biasa maka kartu nama yang kita bawa akan hancur ataupun rusak.

Tipe Kertas ini pas untuk kita yang senang dengan model glossy serta kesan mewah. sebab kartu nama yang akan dibuat dari kertas tipe ini biasanya berwujud mengkilap. Hanya perlu sedikit tambahan desain yang cantik, kertas translusen dapat menjadi kartu nama yang eye catchy.

Pilih Sesuai Budget

Ketika Anda memilih kertas untuk kartu nama pilih sesuai budget yang anda siapkan terlebih dahulu. Jangan sampai setelah kita membuat kartu nama kita justru kerepotan setelah melihat tagihan yang kita dapat. Kualitas dan harga memang biasanya berjalan berkesinambungan, maka dari itu kita perlu memastikan mana yang kita pilih.

Pilihan apapun, sebenarnya tergantung dari tujuan dan model desain yang disematkan. Buat kartu nama memang tidaklah mudah, walaupun kita bisa membuat model yang bagus tetap lalu menyesuaikannya dengan jenis bisnis yang kita miliki. Jika Anda  ingin buat kartu nama Anda bisa menggunakan jasa fastwork.id.