Tips Memilih Susu Formula untuk Balita

5  Tips Memilih Susu Formula untuk Balita

Kesehatan

Susu formula merupakan sumber pelengkap energi yang baik untuk balita. Salah satu susu formula yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan gizi anak ialah Nutrilon Royal. Saat ini sedang berlangsung promo nutrilon royal di website Orami yang tak boleh dilewatkan. Pemilihan susu formula juga tak boleh sembarangan, berikut tips memilih susu formula.

  1. Berkonsultasi dengan Dokter

Sebelum menentukan susu formula mana yang cocok untuk si Kecil, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter anak. Hal ini penting dilakukan agar tidak salah pilih dan berpengaruh pada kondisi tubuh anak seperti diare hingga alergi.

Terlebih jika anak memiliki riwayat penyakit tertentu, sehingga pemilihan susu haruslah diperhatikan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) setidaknya ada dua jenis susu yang bisa dijadikan alternatif pilihan untuk buah hati Anda apabila mengidap alergi tertentu yakni susu PHP dan susu soya.

Apabila anak memiliki riwayat alergi ringan, disarankan untuk mengonsumsi susu PHP yakni susu formula dengan kandungan protein hidrolisa parsial. Sedangkan susu soya atau susu kedelai diberikan kepada anak yang mengalami gejala tertentu atau ketidakcocokan usai mengonsumsi susu PHP.

  1. Sesuaikan dengan Usia Anak

Tips berikutnya yang tak kalah penting ialah memilih susu formula yang sesuai dengan usia anak. Hal ini penting untuk dilakukan agar anak bisa mendapatkan dan menyerap gizi serta nutrisi secara optimal sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Cek Kandungan Susu Formula

Selanjutnya, penting untuk mengecek kandungan yang ada di susu formula. Dalam susu formula haruslah mengandung zat besi yang berguna untuk menjaga stabilitas pertumbuhan dan perkembangan anak. Lalu, probiotik dan prebiotik yakni bakteri baik yang berguna untuk menjaga kesehatan usus.

Serta DHA dan ARA yang mengandung asam lemak omega 3 yang juga ditemukan pada kandungan asi, ikan, dan telur. DHA dan ARA ini mampu mempertajam penglihatan serta memaksimalkan perkembangan otak anak.

Meskipun kandungan susu formula pada setiap merek sama, tapi Anda perlu memperhatikan kandungan-kandungan lainnya seperti rendah gula, agar anak terhindar dari risiko obesitas.

  1. Cek Tanggal Kadaluarsa

Penting untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa  pada susu agar terhindar dari keracunan makanan atau hal-hal yang mengganggu pencernaan lainnya. Selain itu, tak lupa untuk mengecek kemasan produk, pastikan tidak ada yang rusak atau terbuka karena akan mempengaruhi kualitas susu.

  1. Disarankan untuk Pilih Rasa Plain

Selain kandungannya, Anda juga perlu mempertimbangkan rasa susu formula untuk anak. Menurut dokter spesialis anak, susu formula dengan rasa plain atau hambar adalah yang terbaik untuk anak.

Karena anak jadi tidak mudah kenyang sehingga masih bisa menyantap makanan utama. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi susu formula, tak ada salahnya mencoba susu Nutrilon Royal.

Susu formula ini tersedia dalam berbagai rasa, ukuran dan manfaat. Selain itu, saat ini sedang berlangsung promo nutrilon royal dengan potongan harga hingga 10% setiap pembelian susu di Orami yang sayang untuk dilewatkan.