Alasan Ikut Organisasi Kampus

Alasan Ikut Organisasi Kampus

Lifestyle

Selain bisa menambah pengalaman, berorganisasi memiliki banyak manfaat lain yang bisa dirasakan. Hampir semua kampus terdapat organisasi yang bisa diikuti oleh mahasiswanya, salah satunya adalah Universitas Medan Area yang merupakan kampus terbaik di Sumut. Selain itu, kampus terbaik di Medan ini juga memiliki fasilitas lain yang mampu menunjang mahasiswanya. Lalu, apa saja alasan mahasiswa mengikuti organisasi kampus? Perhatikan penjelasan berikut ini.

Alasan Mahasiswa Mengikuti Organisasi Kampus

  1. Menambah Relasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika mengikuti organisasi kampus, seseorang akan memiliki relasi yang lebih luas. Sebagai contoh organisasi tersebut adalah himpunan mahasiswa jurusan. Selain memiliki relasi dari jurusan yang sama, akan ada kemungkinan himpunan tersebut akan berinteraksi dengan himpunan mahasiswa dari jurusan yang lain. Inilah momen untuk menambah relasi.

Relasi memang cukup penting untuk kehidupan setelah kuliah. Bisa jadi orang-orang yang dikenal di bangku kuliah sudah lebih dulu sukses. Dengan memiliki relasi dengan orang tersebut, Anda bisa mengobrol dan berbincang-bincang mengenai rahasia kesuksesannya dengan lebih akrab dibandingkan dengan orang yang baru pertama bertemu.

Contoh tersebut adalah contoh yang paling kecil dalam berorganisasi. Masih banyak organisasi kampus dengan jangkauan yang lebih luas seperti badan eksekutif mahasiswa atau organisasi kombinasi antara mahasiswa dan para dosen. Relasi yang didapatkan pun akan jauh lebih luas daripada contoh yang pertama tadi.

  1. Mencari pengalaman

Mengikuti organisasi kampus akan memberikan pengalaman luar biasa yang akan bermanfaat nantinya setelah selesai masa kuliah. Jika Anda menjadi anggota, Anda bisa mendapatkan pengalaman dari orang-orang yang lebih senior dari Anda. Sebaliknya, jika Anda menjadi petinggi atau ketua, Anda bisa mendapatkan pengalaman untuk memimpin sebuah organisasi.

Di kehidupan setelah kuliah, seseorang akan menemui organisasi-organisasi di lingkup masyarakat seperti RT, RW, karang taruna, takmir, dan lain sebagainya. Pengalaman dari berorganisasi di kampus akan memiliki andil yang cukup besar di kondisi seperti ini. Dengan mengikuti organisasi kampus, Anda tidak akan kaget dengan suasana organisasi di masyarakat tersebut.

  1. Menunjukkan eksistensi

Tidak sedikit pula yang mengikuti organisasi kampus dengan tujuan ingin menunjukkan eksistensi. Eksistensi di mata mahasiswa adalah sesuatu yang cukup penting. Dengan eksistensi, mereka bisa menarik perhatian pihak-pihak seperti dosen, staff kampus, mahasiswa lain, dan sebagainya. Selain itu, ia juga akan lebih cepat dikenal dan bisa memiliki banyak relasi dengan lebih cepat.

  1. Memanfaatkan waktu dengan positif

Mengikuti organisasi kampus juga menjadi langkah yang positif daripada harus berkumpul dengan orang-orang yang kurang baik seperti nongkrong dan melakukan vandalisme. Berorganisasi juga jauh lebih baik daripada menghabiskan waktu hanya untuk bermain game di gadget dan tidak menambah pengalaman apa-apa.

  1. Melatih kepemimpinan

Meski tidak semua akan berkesempatan untuk menjadi ketua organisasi, namun banyak juga yang ditugaskan sebagai pemimpin divisi. Keduanya sama-sama membutuhkan kemampuan leadership yang baik. Bagi yang belum memiliki pengalaman, hal ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kelak, apalagi jika Anda suatu saat menjadi pemimpin perusahaan atau sejenisnya.

  1. Melatih keterampilan komunikasi

Selain kepemimpinan, keterampilan komunikasi juga akan diasah jika mengikuti organisasi kampus. Anda akan mendapatkan pengalaman mengenai bagaimana berkomunikasi dengan anggota, berkomunikasi dengan ketua, berkomunikasi dengan pihak kampus, bagaimana mengemukakan pendapat, bagaimana menolak pendapat dengan halus, dan lain-lain. Oleh sebab itu, organisasi kampus adalah momen yang tepat untuk melatih semua keterampilan tersebut.

Itulah tadi beberapa alasan mahasiswa mengikuti organisasi kampus. Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa mengikuti organisasi kampus memiliki banyak sekali manfaat yang bisa berguna kelak di kehidupan setelah selesai mengenyam pendidikan di bangku kuliah.