Langkah Analisis Statistik Deskriptif Dengan Menggunakan SPSS

Langkah Analisis Statistik Deskriptif Dengan Menggunakan SPSS

Others

Secara umum, statistik adalah sebuah prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan, mengukur, melakukan klasifikasi, menghitung, menjelaskan, melakukan analisis dan memberikan tafsir kuantitatif secara sistematis. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa jenis analisis statistik, salah satunya adalah analisis statistik deskriptif.

Adanya beberapa jenis analisis statistik tersebut tentu saja akan membantu seseorang untuk memilih mana metode analisis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang analisis statistik deskriptif dan langkah penggunaannya menggunakan SPSS.

Penasaran bagaimana penjelasan tentang metode statistik deskriptif ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Analisis Statistik Deskriptif

Sebelum lebih lanjut membahas tentang detail analisis statistik deskriptif, pemahaman tentang statistik deskriptif sendiri harus dimiliki. Secara umum, statistik deskriptif adalah metode analisis yang dilakukan dengan tujuan untuk menyederhanakan data.

Penyederhanaan data ini tentu saja akan sangat membantu untuk memudahkan pembacaan data, terutama untuk data dalam jumlah besar dengan cara yang cenderung logis. Proses analisis nantinya akan menghasilkan data yang cenderung lebih sederhana dan tentu saja mudah untuk ditafsirkan.

Metode Dasar Statistik Deskriptif

Dalam pelaksanaannya, terdapat dua metode dasar dari statistik deskriptif yang perlu diketahui dan tentu saja bisa diterapkan. Adapun beberapa metode mendasar tentang statistik deskriptif ini adalah sebagai berikut:

  • Pendekatan numerik

Pendekatan numerik adalah salah satu pendekatan yang dilakukan untuk menghitung nilai statistik yang berasal dari sekumpulan data yang nantinya menghasilkan beberapa indikator, seperti mean, standar deviasi dan lainnya.

  • Pendekatan grafis

Pendekatan grafis adalah opsi lain yang bisa digunakan. Bisa dikatakan jika pendekatan grafis cenderung lebih sesuai daripada pendekatan numerik karena bisa mengidentifikasi pola tertentu yang terdapat dalam data. Namun, kedua pendekatan tersebut bisa saling mengisi dan melengkapi.

Langkah Analisis Statistik Deskriptif Dengan SPSS

Untuk melakukan proses analisis statistik deskriptif, ada beberapa software yang bisa digunakan, salah satunya adalah SPSS. Software ini cenderung bisa diandalkan dengan beragam fitur yang ditawarkan. Adapun langkah untuk melakukan analisis statistik deskriptif dengan SPSS adalah sebagai berikut:

  • Siapkan data yang akan digunakan dan akan diolah
  • Buka aplikasi SPSS yang ada di perangkat komputer atau laptop
  • Jika lembar kerja SPSS sudah terbuka, buat nama variable serta tipe dari data yang akan digunakan. Cara membuat detail ini adalah dengan mengklik pada bagian variable view
  • Jika sudah, lakukan entri pada masing-masing variable yang sudah dibuat sebelumnya. Klik data view untuk memulai kemudian lakukan entri data hingga selesai
  • Lakukan analisis deskriptif. Cara melakukan analisis adalah dengan mengklik menu analyze, setelah itu pilih opsi descriptive statistics dan kemudian klik frequencies
  • Pindahan variable biaya promosi serta volume penjualan dengan cara highlight kedua variable kemudian klik tanda > yang ada di bagian tengah
  • Setelah itu, klik pada menu statistic dan centang pula pada beragam indikator yang akan digunakan untuk pengolahan data. Beberapa contoh indikator tersebut diantaranya adalah quartiles, percentile, mean, median, modus, sum, deviation, variance, minimum, maximum dan lainnya sesuai kebutuhan. Kemudian, klik continue
  • Selanjutnya, untuk menampilkan hasil pengolahan data dengan representasi grafik, klik chart dan pilih detail chart yang diinginkan, misalnya histogram dan kemudian centang pada bagian show normal curve on histogram. Klik continue dan OK
  • Anda akan mendapatkan tampilan dari hasil pengolahan data secara statistik deskriptif. Selesai

Nah, beberapa hal di atas adalah bagaimana analisis statistik deskriptifbisa dilakukan dengan SPSS. Software ini bisa diandalkan untuk membantu proses analisis dengan baik.