Sebelum Ajukan, Ini 5 Syarat KPR Rumah yang Wajib Dipenuhi

Sebelum Ajukan, Ini 5 Syarat KPR Rumah yang Wajib Dipenuhi

Property

KPR hingga saat ini masih menjadi pilihan terbaik bagi sebagian orang untuk wujudkan rumah imajinasimu. Hal ini tentu tak terlepas dari kemudahan proses pembayaran dan angsuran yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial. Meski demikian masih banyak orang yang tidak paham mengenai syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajukan KPR.

Persyaratan Umum

Pada dasarnya setiap bank memiliki peraturan sendiri terkait dengan syarat KPR rumah. Namun meski peraturan di setiap bank relatif berbeda-beda, pasti ada syarat utama yang harus terpenuhi bagi Anda yang ingin mengajukan KPR.  Pada dasarnya persyaratan ini cenderung bersifat umum.

Lantas apa saja sih syarat umum yang wajib dipenuhi sebelum mengajukan KPR? Syarat tersebut antara lain seperti calon nasabah harus merupakan Warga Negara Indonesia dan usia minimal 21 tahun untuk Anda yang baru pertama kali mengajukan KPR dan maksimal usia 50 tahun. Namun bagi Anda yang berusia di bawah 21 tahun dan sudah menikah tetap bisa mengajukan KPR.

Hal terpenting yang harus dipenuhi adalah telah memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang tetap. Baik itu sebagai wiraswasta, pegawai negeri, maupun profesional dengan pengalaman kerja minimal satu tahun. Sedangkan untuk wiraswasta sendiri minimal harus memiliki masa kerja selama 2 tahun.

Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Jika Anda sudah dirasa memenuhi syarat umum pengajuan KPR, maka selanjutnya Anda akan diminta untuk mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan selama proses pengajuan. Pada poin ini setidaknya ada 2 jenis dokumen yang harus Anda persiapkan, yakni dokumen yang bersifat pribadi dan dokumen hunian yang hendak dibeli.

Dokumen pribadi yang harus dipersiapkan antara lain seperti KTP, KK, slip gaji, dan rekening koran. Sedangkan bagi pengusaha Anda wajib mencantumkan akta perusahaan dan SIUP. Sedangkan untuk dokumen rumah yang perlu Anda persiapkan antara lain seperti sertifikat tanah, surat IMB, dan fotokopi surat tanda jadi penjualan dari penjual maupun developer.

Perhatikan Penawaran Bank yang Diberikan

Penawaran yang diberikan oleh pihak bank juga merupakan poin penting yang perlu dipertimbangkan. Mengapa? Sebab beda bank, maka berbeda pula biaya administrasi yang diterapkan. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah besarnya suku bunga yang ditawarkan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menemukan solusi terbaik di kemudian hari.

Tak hanya menawarkan KPR dengan berbagai jenis saja, namun terkadang ada juga beberapa bank yang memberikan fasilitas tambahan yang bisa Anda pertimbangkan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain seperti asuransi kebakaran, kredit multiguna untuk merenovasi hunian, dan lain sebagainya. Jadi ada baiknya Anda mempertimbangkan fasilitas tambahan yang ditawarkan.

Hitung Kemampuan Finansial Anda

Syarat pengajuan KPR selanjutnya yang tak kalah penting untuk Anda pertimbangkan adalah memperhitungkan kemampuan finansial Anda. Mengapa? Sebab saat hendak mengajukan KPR, Anda diharuskan memiliki kemampuan finansial yang sehat. Tak hanya itu saja, besarnya angsuran juga tak boleh lebih dari 30% dari gaji keseluruhan Anda.

Jangan sampai ketika mengajukan KPR Anda mengalami kredit macet. Pasalnya hal ini hanya akan bermasalah di kemudian hari. Untuk itu pastikan Anda melunasi hutang-hutang terlebih dahulu termasuk tagihan kartu kredit sebelum mengajukan KPR. Terlebih lagi Bank Indonesia bisa dengan mudah melakukan pencatatan terhadap transaksi kartu kredit Anda.

Pilih Hunian yang Tepat

Jika beberapa syarat di atas sudah terpenuhi, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan hunian terbaik bagi keluarga tercinta. Pastikan Anda memperhitungkan lokasi yang strategis dan fasilitas yang ditawarkan. Desain rumah yg bikin relax juga merupakan hal yang layak diperhitungkan agar Anda dan keluarga semakin nyaman.

Tak hanya itu saja, pastikan Anda juga memilih hunian dengan nilai jual yang tinggi di masa yang akan datang. Dengan begitu maka pengajuan KPR kali ini tak hanya bisa dijadikan sebagai tempat tinggal saja, namun juga wujud investasi yang menguntungkan.

Nah itulah beberapa persyaratan yang perlu Anda perlu Anda penuhi sebelum mengajukan KPR. Dijamin pengajuan KPR Anda akan diterima jika sudah memenuhi beberapa syarat di atas. Anda juga bisa kredit rumah mudah dengan pilihan KPR yang beragam dan pelayanan terbaik hanya di btnproperti.co.id.