Tanda Kasur Rumah Dihidupi Hewan Tungau

Tanda Kasur Rumah Dihidupi Hewan Tungau

Kesehatan

Adanya tungau di kasur bukan menjadi tanda jika Anda salah satu orang yang jorok ya, karena hewan tungau cukup mudah berpindah tempat. Tungau bisa saja tumbuh pada rumah yang bersih maupun kurang terjaga. Nah sebelum Anda memanggil jasa sedot tungau, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tanda ada tungau hidup di kasur.

  1. Muncul Butiran Putih yang Mirip dengan Selasih

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencermati lipatan, jahitan, ataupun jumbai pada kasur. Apabila ada hewan tungau, pada umumnya Anda akan menemukan  butiran berwarna putih atau warna kuning pucat dimana bentuknya sangat mirip dengan biji selasih. Ini bisa jadi merupakan telur tungau maupun kutu kasur.

Biasanya bersamaan dengan telur tungau juga akan ditemukan kulit mati dari tungau. Pasalnya, larva dari hewan tungau mengalami pergantian kulit sampai beberapa kali sebelum dirinya mencapai bentuk dari tungau dewasa.

  1. Ditemukan Gigitan Tungau

Tungau maupun kutu kasur sangat sering menggigit kulit manusia ketika di malam hari. Area gigitan pada umumnya seperti bagian kulit dimana terbuka saat tidur, misalnya saja leher, wajah, bagian tangan, lengan, serta betis. Bekas dari gigitan biasanya berbentuk bentol merah dimana akan terasa gatal dan juga pedih, sangat mirip dengan gigitan nyamuk jika dibiarkan beberapa jam.

  1. Muncul Bercak Gelap Pada Kasur

Perhatikan apakah di kasur Anda ada bercak-bercak yang mana mirip dengan tinta berwarna cokelat tua maupun serupa noda karat, noda ini akan menyebar di kasur. Jika Anda menemukannya maka ada kemungkinan besar noda tersebut merupakan kotoran tungau ataupun kutu kasur.

  1. Aroma Khas dari Hewan Tungau

Keberadaan tungau maupun kutu kasur dapat saja ditandai dengan adanya bau hewan tungau. Kasur yang mana menjadi tempat untuk berkembang biak tungau pada umumnya memiliki aroma apak dan juga sedikit mirip ketumbar.

  1. Kurang Bisa untuk Tidur Nyenyak

Manusia dimana darahnya diisap oleh tungau maupun kutu kasur pada umumnya akan menderita gangguan tidur. Hal ini disebabkan karena kurang istirahat jadi tidurpun tidak nyenyak. Beberapa orang juga mungkin mengalami gangguan pernapasan, stres, dan juga gangguan reaksi alergi.

  1. Rasa Gatal

Tanda paling yang mana bisa jadi tanda paling jelas dari keberadaan kutu kasur yakni mulai munculnya sensasi gatal terasa pedih pada kulit dan diakibatkan oleh gigitan serangga. Hal ini biasanya terjadi ketika tidur.

Tungau atau yang dikenal dengan kutu kasur memang aktif di malam hari, terutama ketika manusia tidur. Pasalnya dengan begitu mereka dapat menggigit serta mengisap darah dengan jumlah yang lebih banyak dan leluasa.

Di atas adalah beberapa tanda jika kasur rumah Anda dihidupi hewan tungau. Oleh sebab itu jauh lebih baik Anda menghubungi jasa sedot tungau saat menemukan gejala di atas. Jangan sampai nantinya malah lebih parah.