7 Asupan Penting yang Masuk Dalam Daftar Menu Harian Ibu Menyusui

7 Asupan Penting yang Masuk Dalam Daftar Menu Harian Ibu Menyusui

Parenting

Ibu menyusui wajib mendapatkan asupan nutrisi yang sehat guna memulihkan kondisi tubuh lebih cepat. Selain itu, nutrisi yang baik akan mendukung pertumbuhan buah hati lebih sempurna. Ada baiknya Anda memilih menu makanan harian yang direkomendasikan dokter terpercaya. Bila perlu konsumsi suplemen Blackmores yang direkomendasikan untuk ibu menyusui agar produksi ASI bisa berlimpah.

Makanan Pendukung untuk Ibu Menyusui

Supaya Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk diri sendiri dan bayi, sebaiknya pertimbangkan rekomendasi nutrisi dari menu makanan berikut :

1. Gandum dan beras merah

Jenis makanan yang harus ada dalam menu harian ibu hamil adalah gandum utuh dan beras merah. Dua jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan serat ini juga memiliki asam folat yang baik untuk ibu menyusui.

2. Ikan

Selain kandungan karbohidrat dan serat, Anda juga harus mengkonsumsi lebih banyak protein dari ikan. Pilih ikan yang kaya omega-3 dan DHA yang baik untuk meningkatkan kecerdasan bayi yaitu ikan salmon, tongkol dan sarden.

3. Telur

Selain ikan, Anda juga bisa mendapatkan asupan protein tinggi dari telur. Telur memiliki kandungan protein, omega-3 dan vitamin D yang baik dalam mendukung pertumbuhan buah hati tercinta, termasuk memulihkan tubuh setelah persalinan.

4. Buah dan sayuran

Jangan lupa untuk memasukkan asupan buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan Anda dan buah hati tercinta. Pastikan saja buah dan sayuran sudah dicuci bersih agar sistem pencernaan ibu menyusui bisa lebih lancar, bebas dari masalah sembelit dan manfaat kesehatan lain.

5. Produk olahan susu

Selain Blackmores, produk olahan susu yang kaya vitamin D, kalsium, protein, lemak sehat, dan lain-lain bisa menjadi nutrisi tambahan. Anda bisa memilih susu khusus ibu menyusui, yoghurt, keju, dan olahan susu lainnya. Bila asupan kalsium dan vitamin D cukup, maka produksi ASI yang berkualitas bisa lebih berlimpah. Kandungan dalam susu ini bisa mendukung kesehatan tulang dan gigi bayi sejak dini, termasuk mencegah risiko osteoporosis pada sang ibu nanti.

6. Kacang

Camilan sehat yang kaya protein, asam lemak esensial dan mineral yang bisa Anda konsumsi di sela waktu makan adalah kacang-kacangan. Anda wajib memiliki persediaan camilan berupa kacang-kacangan, misalnya kacang kedelai, edamame, kacang almond, kacang tanah, dan lain-lain. Ngemil sehat yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan selama menyusui, kenapa tidak?

7. Air putih

Selain makanan dan susu, Anda juga harus memenuhi kebutuhan air putih yang menjadi penopang dan keseimbangan tubuh.

Yuk, pilih menu makan yang baik untuk ibu menyusui agar pertumbuhan dan perkembangan buah hati bisa optimal! Bila perlu mengkonsumsi Blackmores setiap hari, maka Anda bisa mendapatkan kesehatan untuk bayi dan diri sendiri selama masa pemulihan pasca melahirkan. Beli produk suplemen halal online hanya di toko perlengkapan bayi yang menyediakan produk kebutuhan ibu dan anak lengkap, ya!