Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan Sesuai Penyebabnya

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan Sesuai Penyebabnya

Parenting

Anak yang susah makan seringkali berdampak pada berat badannya serta tumbuh kembangnya. Padahal selama masa pertumbuhan. Anak membutuhkan nutrisi dan kalori yang cukup agar ia bisa tubuh sehat dan kuat. Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan? Sebelum itu, penting untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa mengatasinya dengan tepat.

Mengenali Penyebab Anak Susah Makan

1. Menolak makan

Bagi anak-anak, makan adalah hal yan mungkin harus mereka pelajari terlebih dahulu secara perlahan. Sangat penting untuk memilih jenis makanan yang tepat sesuai kebutuhan anak dan usianya. Sebenarnya tidak heran jika beberapa anak makan apa yang diberikan orang tua mereka pada hari pertama tetapi menolak pada hari berikutnya. Ketika pikiran atau minatnya berubah, nafsu makannya juga berubah.

Cobalah untuk bersabar dan jangan memaksa anak untuk makan. Daripada mengkhawatirkan asupan kalori atau nutrisi yang tidak didapatkan si kecil, Anda bisa mencoba menghitung kebutuhan dan konsumsi nutrisinya selama seminggu terakhir.

2. Hanya memilih makanan tertentu

Bagi anak kecil, makan makanan padat adalah aktivitas atau keterampilan baru yang mungkin masih sulit apalagi saat bayi hanya diberikan makanan yang lembut dan mudah dicerna. Oleh karena itu, perlu waktu untuk membiasakan diri dengan variasi warna, rasa, dan tekstur makanan yang beragam.

Selama waktu ini, anak-anak juga dapat belajar makan sendiri, termasuk makanan apa pun yang masuk ke mulut mereka. Cara mengatasi anak yang susah makan karena ini yaitu dengan perlahan tawarkan makanan yang berbeda agar anak terbiasa dengan makanan baru dan bisa memiliki makanan favoritnya.

3. Hanya ingin makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya tinggi garam, gula, lemak, atau kolesterol, dan rendah nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral. Memang rasanya enak sehingga disukai semua orang namun mengonsumsi makanan tidak sehat ini secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, dan tekanan darah tinggi pada anak. Jangan sering memberikan anak makanan cepat saji dan coba cari alternatif makanan lain.

4. Makan satu jenis makanan saja

Tidak jarang anak tiba-tiba sulit makan selama beberapa hari atau hanya ingin makan satu jenis makanan saja. Salah satu penyebabnya adalah anak tidak tertarik dengan produk baru yang belum dikenalnya.

Ibu harus tetap tenang dan terus menawarkan pilihan makanan lain, tetapi jangan memaksa atau memarahi anak jika dia tidak mau memakannya. Anda bisa mencoba berbagai strategi agar si kecil mau mencoba makan. Bisa coba juga dengan makan bersama sehingga si kecil penasaran dan ingin mencoba makanan baru.

Inilah beberapa cara mengatasi anak yang susah makan sesuai dengan penyebabnya. Penting untuk memahami dulu penyebab anak susah makan daripada mencoba berbagai cara yang ternyata tidak sesuai. Namun yang paling penting, Anda bisa memberikan Nutren Junior untuka anak Anda untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya yang sulit didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.