Kamu Harus Tahu, Ini Dia Gejala Cedera ACL dan Cara Mengobatinya!

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Gejala Cedera ACL dan Cara Mengobatinya!

Kesehatan

Sebelumnya, apakah kamu sudah tahu tentang cedera acl? Cedera ini yaitu peregangan berlebih atau bisa disebut robekan yang terjadi pada ACL (Anterior Cruciate Ligaments). Salah satu ligament utama yaitu pada lutut.

Cedera yang satu ini biasanya terjadi pada saat olahraga yang melibatkan perubahan arah atau penghentian mendadak. Jenis olahraga yang rawan menyebabkan cedera ini adalah sepak bola, Ski turun bukit, bola basket, dan football.

Pada saat mengalami cedera ini, lutut orang yang mengalami kemungkinan membengkak, terasa sakit, tidak bisa menahan beban, dan berasa tidak stabil.

Gejala Cedera ACL

Cedera ACL merupakan salah satu jenis cedera yang paling umum terjadi, terutama pada atlet yang berpartisipasi dalam olahraga berintensitas tinggi.

Selain pada atlet, cedera ini juga banyak dialami oleh perempuan. Perempuan memiliki kesempatan 2 sampai 4 kali mengalami cedera di lututnya dibandingkan dengan laki-laki.

Belum ada penyebab pasti untuk hal ini. hal ini diduga berkaitan dengan perbedaan bentuk tubuh antara perempuan dan laki-laki. Tentu saja, perempuan memiliki panggul yang lebih lebar, ototnya cenderung elastis, juga faktor hormonal.  Terdapat beberapa gejala / tanda-tanda yang umum dari cedera ini, berikut penjelasannya.

Terdengar Suara Keras

Pada saat cedera terjadi, kamu akan mendengar suara keras dari lututmu. Apabila cedera ACL ini terjadi pada atlet, terkadang suara tersebut bisa terdengar oleh penonton terdekat. Walaupun kamu tidak mendengar suara apapun, biasanya kamu akan merasakan pergeseran pada sendi lututmu

Merasa Lutut Tidak Stabil

Gejala kedua yaitu lutut terasa tidak stabil. Ligamen Anterior yang ada pada lutut berguna untuk menjaga kestabilan sendi lutut. Karena itulah, cedera ini dapat menyebabkan tubuh / lutut terasa tidak stabil.

Bengkak dan Merasa Sakit pada Lutut

Sendi yang robek akibat cedera bisa saja menyebabkan pendarahan di dalam lutut. Nah, pendarahan ini bisa menyebabkan terjadinya pembengkakkan.

Biasanya pembengkakkan ini tidak langsung terjadi, melainkan baru terjadi setelah beberapa menit atau jam kemudian. Setelah itu, bengkak tersebut akan diikuti dengan rasa sakit yang cukup parah sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa beraktivitas.

Cara Menangani Cedera ACL

Kesehatan memang suatu hal yang harus benar-benar dijaga. Karena apabila tidak dijaga dengan baik, maka dapat menyebabkan berbagai masalah yang sungguh tidak enak, salah satunya cedera ini. cara menangani cedera lutut bisa dilakukan dengan beberapa metode, berikut penjelasannya.

Non Operasi

Sebetulnya, cedera / robeknya ligament lutut tidak dapat sembut tanpa operasi. Namun, metode non operasi bisa digunakan untuk pasien yang sudah jarang bergerak / tua. Dokter menyarankan perawatan menggunakan brace untuk menjaga kestabilan lutut atau terapi fisik untuk mengembalikan fungsi lutut.

Operasi

Operasi dilakukan dengan cara mengangkat ligament yang rusak dan menggantinya dengan tendon dari salah satu bagian tubuh kamu.

Rehabilitasi

Metode ketiga yaitu Rehabilitasi. Baik non operasi ataupun operasi, keduanya memerlukan terapi rehabilitasi. Tujuannya yaitu untuk mengembalikan fungsi tubuh, terutama lutut.