Kulit Wajah Berminyak

Kulit Wajah Berminyak? Intip 5 Tips Merawat Kulit Anda

Kesehatan

Wajah sering kali terbebani dengan banyak kosmetik, untuk membersihkan wajah berminyak, diperlukan perawatan dengan pembersih wajah alami. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajah Anda berminyak antara lain perubahan hormon, tidak mengonsumsi makanan sehat, faktor genetik, atau karena Anda tidak cocok menggunakan make up tertentu.

Sebenarnya, kulit wajah juga membutuhkan minyak agar kulit tidak kering dan sebagai pelapis pelindung wajah. Kulit wajah dengan minyak yang cukup akan terlihat lembab dan sehat. Selain itu, minyak wajah juga dapat menyamarkan garis halus di wajah.

Merawat Kulit Wajah Berminyak

Kadar minyak yang tidak biasa dan cenderung berlebihan tentu akan mengganggu. Debu dan kotoran dapat menempel dengan cepat pada kulit wajah berminyak sehingga rentan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, untuk kulit wajah berminyak, Anda harus rajin membersihkannya.  Berikut adalah lima cara untuk merawat kulit Anda yang berminyak:

  • Rajin Membersihkan Wajah

Untuk pemilik kulit berminyak, membersihkan wajah adalah hal yang tidak boleh terlewatkan meski hanya berada di rumah saja. Lakukan langkah-langkah cara membersihkan yang baik. Seperti mulai dengan lotion pembersih.

Anda sebaiknya tidak menggunakan sabun pembersih wajah yang sedikit menggunakan bahan kimia. Sebagai pertimbangan, pilihlah pembersih wajah alami sehingga kulit wajah Anda lebih sehat.

Anda dapat menggunakan air suam-suam kuku untuk membasuh wajah. Air hangat bersifat membuat kulit kering, sehingga membantu Anda mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

  • Jangan Lupa Menggunakan Toner

Setelah mencuci muka, kemungkinan masih ada sisa kotoran yang menempel. Toner berfungsi untuk menuntaskan rutinitas membersihkan muka. Toner juga dapat membantu mengencangkan wajah sehingga pori-pori di wajah tampak mengecil.

Pilihlah toner untuk kulit berminyak atau yang mengandung bahan astringent. Cukup tuang sedikit toner pada kapas, lalu tepuk-tepuk dengan lembut pada kulit wajah Anda.

  • Rutin Menggunakan Masker Wajah

Dalam perawatan kulit berminyak, masker membantu Anda untuk mengurangi minyak. Pilihlah masker yang dapat membantu dalam penyerapan minyak tetapi tidak membuat kulit menjadi kering.

Cukup gunakan masker wajah sepekan sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Agar lebih sehat, Anda dapat mencoba mengaplikasikan masker buatan sendiri secara rutin.

  • Menggunakan Scrub Wajah

Jenis kulit ini rentan terkena kotoran atau partikel yang lebih kecil seperti debu. Sebaiknya bersihkan kulit dengan scrub sekali dalam sepekan. Dengan scrub, Anda dapat membersihkan wajah hingga ke pori-pori.

Karena kotoran yang menyumbat pori-pori dapat larut dengan scrub tersebut, maka pori-pori Anda akan tampak mengecil. Jangan menggunakan scrub terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi.

  • Menggunakan Pelembab yang Benar

Pilihlah pelembab yang tidak mengandung pemicu minyak di wajah. Pelembab tetap dibutuhkan oleh kulit wajah Anda. Pilihlah pelembab yang dapat menyerap minyak tetapi tetap dapat menjaga kelembaban kulit.

Kulit wajah berminyak terkadang sangat mengganggu terutama saat Anda menggunakan make up. Anda dapat membawa kertas minyak untuk membantu menyerap minyak. Mencuci kulit wajah berminyak sebaiknya juga menggunakan pembersih wajah alami agar wajah tetap senantiasa sehat.

Kiehl’s Calendula Deep CleansingFoaming Face Wash

Kiehl’s Calendula Deep CleansingFoaming Face Wash

Kiehl’s Ultra Facial Cleanser

Kiehl’s Ultra Facial Cleanser

Nah dua produk tersebut merupakan produk pembersih wajah alami dengan kualitas terbaik yang bisa Anda coba.